Dari Sebuah Catatan Untuk Berbagi Dan Mencoba Dalam Mengetahui Suatu Arti Dan Makna Yang Di Cari Di Info Dan Pengertian Para Ahli

Pengertian Dan Tujuan Penjualan Menurut Ahli

Pengertian Penjualan
Pengertian penjualan yang dikemukakan oleh Swastha, penjualan adalah “Kegiatan-kegiatan pemasaran selain personal selling, perikalanan, dan publisitas yang mendorong efektifitas pembelian konsumen dan pedagang dengan mengunakan alat-alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi dan sebagainya”.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa penjualan merupakan hasil usaha yang dilakukan produsen untuk menjual produknya pada konsumen. Tujuan kegiatan pemasaran dari setiap perusahaan tidak lain untuk meningkatkan penjualan. Sehingga perusahaan harus mampu untuk memasarkan produknya dengan jalan mempengaruhi konsumen. Perusahaan harus mempunyai strategi yang jitu agar pembeli tertarik terhadap produk yang ditawarkan dan melakukan pembelian.

Tujuan Penjualan
Banyak hal positif yang ingin dicapai perusahaan dengan melakukan penjualan. Menurut Swastha dan Irawan mengatakan bahwa ada tiga tujuan umum dalam penjualan, yaitu:
  • Mencapai volume penjualan.
  • Mendapatkan laba tertentu.
  • Menujang pertumbuhan perusahaan.
Sedangkan pendapat dari Swastha penjualan dapat dibedakan ke dalam dua kelompok yaitu :
  • Kegiatan yang ditujukan untuk mendidik atau memberitahukan konsumen
  • Kegiatan yang bertujuan untuk mendorong mereka
Dari kedua pendapat di atas dapat diketahui bahwa tujuan penjualan adalah mencari pembeli yang bersedia memakai dan membeli suatu produk perusahaan agar bisa diperoleh laba yang diharapkan oleh seorang penjual.

Faktor–faktor yang Mempengaruhi Penjualan
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam melakukan penjualan produk-produknya. Menurut Swastha dan Irawan mengatakan bahwa kegiatan penjualan itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
  • Kondisi dan kemampuan penjual
  • Kondisi pasar
  • Modal
  • Kondisi organisasi perusahaan
  • Faktor lain
Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :
a Kondisi dan kemampuan penjual
Disini penjual harus dapat meyakinkan pembeli agar dapat berhasil mencapai sasaran penjualan yang diharapkan.

b Kondisi pasar
Pasar sebagai kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan dan dapat pula mempengaruhi penjualan.

c Modal
Yang dimaksud dengan modal adalah biaya yang diperlukan untuk mendukung penjualan barang atau jasa.

d Kondisi organisasi perusahaan
Pada perusahaan besar, biasanya masalah penjualan ditangani oleh bagian tersendiri yang dipegang oleh orang-orang tertentu atau ahli di bidang penjualan. lain halnya dengan perusahaan kecil dimana masalah penjualan ditangani oleh orang yang juga melakukan fungsi lainnya.

e Faktor lain
Faktor lain seperti periklanan, peragaan, pemberian hadiah, sering mempengaruhi penjualan. namun untuk melaksanakannya diperlukan sejumlah dana yang tidak sedikit.

Berdasarkan pendapat di atas maka dapat diketahui bahwa faktor intern dan ekstern perusahaan sangat mempengaruhi perusahaan dalam melakukan penjualan. Sehingga faktor–faktor tersebut harus dipertimbangkan oleh perusahaan dalam melakukan penjualan agar dapat menarik konsumen, sehingga laba perusahaan akan meningkat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Dan Tujuan Penjualan Menurut Ahli

0 komentar:

Poskan Komentar