Dari Sebuah Catatan Untuk Berbagi Dan Mencoba Dalam Mengetahui Suatu Arti Dan Makna Yang Di Cari Di Info Dan Pengertian Para Ahli

Pengertian Dan Jenis-jenis Iptek

Pengertian Dan Jenis-jenis Iptek 
1. Pengertian
IPTEK, saat kita mendengar hal ini apakah yang ada di benak kita? komputer, mesin-mesin, hanphone? Jika ini yang ada di otak kita maka jawaban tersebut benar. IPTEK adalah singkatan dari Ilmu pengetahuan dan teknologi. Iptek berasal dari dua kata yaitu ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pngetahuan biasa disebut dengan sains, yang berasal dari bahasa latin yang berarti mengetahui. Ilmu pengetahuan diatur dengan cara yang metodis, logis dan sistematis. 

Teknologi berasal dari kata techne dan logia. Sedangkan menurut Anglin mendefinisikan teknologi sengai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah. Teknologi muncul dari suatu masalah. Yang mana kemudian manusia berfikir bagaimana untuk menghadapai masalah tersebut melalui berbagai macam ilmu yang mereka miliki disertai dengan percobaan dan penelitian. 

Kemudian Iskandar Alisyahbana mendefinisikan lebih jelas dan lengkap tentang teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indra ataupun otak. Tanpa disadari untuk beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari mulai dari pagi hingga malam hari kita menggunakan yang namanya IPTEK. Pada tahun 1997 Nana Saodih menyatakan bahwa manusia sudah menggunakan teknologi sejak zaman dahulu kala, seperti memecahkan kemiri dengan menggunakan batu atau memetik buah dengan gala sebagai gambaran teknlogi sederhana. 

2. Jenis IPTEK
Pada umumnya teknologi dibagi menjadi teknologi modern dan teknologi sederhana.teknologi modern adalah teknologi yang memiliki karakteristik mutakhir maksudnya adalah canggih dan lebih praktis jika dibandingkan dengan teknologi sederhana sehingga memudahkan manusia dalam pemanfaatannya. 

Cirri-ciri dari teknologi modern adalah 
  • Padat modal 
  • Mekanis elektris 
  • Menggunakan bahan impor 
  • Berdasarkan penelitian mutakhir. 
Sedangkan yang dimaksud dengan teknologi sederhana adalah teknologi yang memiliki karakteristik sederhana dengan ciri-ciri:
a. Bersifat padat karya
b. Menggunakan keterampilan setempat
c. Menggunakan alat setempat
d. Menggunakan bahan setempat
e. Berdasarkankebiasaan atau pengamatan

Berdasarkan Callahan dan zubair pada tahun 1997 membedakan teknologi kedaalm 5 tipe, hal ini dimaksudkan untuk melihat potensi berbagai macam teknologi dan memahami dampak atas kehidupan manusia.
1. Teknologi konservasi
2. Teknologi perbaikan
3. Teknologi implikasi
4. Teknologi destruktif
5. teknologi kompensatoris

3. Peranan IPTEK dalam pengelolaan lingkungan hidup
Pada dasarnya suka atau tidak suka, amu atau tidak mau manusia tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya IPTEK. Hal ini dikarenakan hamper semua yang kita gunakan adalah bentuk dari pengembangan IPTEK bukan Cuma itu dizaman globalisasi seperti saat ini IPTEK juga digunakan sebagai alat untuk mengukur kemajuan suatu bangsa, semakin canggih atau mutakhir maka bangsa tersebut pun akan semakin menjadi bangsa yang maju. Hal ini dikarenakan peningkatan kualitas dan taraf hidup masyarakat suatu bangsa sangatlah susah dilakukan tanpa adanya bantuan dari teknologi. 

Teknologi diciptakan oleh manusia untuk membantu meringankan segala aktivitas kehidupannya demi kesejahteraan manusia itu sendiri. Banyak sekali produk-produk teknologi yang memiliki peranan positif bagi kehidupan manusia. Berikut adalah contoh-contohnya :

1. Hidroponik.
Hidroponik berasal dari bahasa lati, hydros yang berarti air dan phonos yang berate kerja, maka secara harfiah adalah kerja air. Teknologi ini digunakan untuk menannam tanaman tanpa menggunakan medium tanah. 

2. Biopori
Biopori adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akbibat berbagai aktivitas organisma di dalamnya seperti cacing, rayap, dll. Selain itu biopori pun bisa terbentuk dengan sengaja oleh manusia. Biopori ini berguna untuk mengurangi banjir dikarenakan kemampuan sebidang tanah untuk meresap air semakin meningkat.dan meningkatnya kemampuan tanah untuk meresapkan air akan memperkecil peluang terjadinya aliran air di permukaan tanah. Selain itu biopori juga berguna sebagai tempat mengubah sampah organic menjadi kompos, mencegah meawabahnya penyakit. 

3. Sumur Resapan
Wakil Presiden Bank Dunia Ismael Serageldin mengatakan berbagai perang pada abad ini dikarenakan oleh minyak bumi si emas hitam, sedangkan perang di masa depan akan dipicu oleh si emas biru atau air. Satu decade dari ucapannya tersebut krisis air terjadi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Sebab itu, menyelamatkan air bukanlah upaya yang mengada-ada dan bisa dimulai sejak dipekarangan rumah kita sendiri. Caranya adalah dengan membuat sumur-sumur resapan. Sumur resapan adalah salah satu rekayasa teknis konservasi air berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa menyerupai bentuk sumur galian dengan kedalaman tertentu, yang diiisi dengan bahan-bahan resapan ( pasir, ijik, batu) secara berlapis sampai rata dengan permukann tanah yang berfungsi sebagai tempat penampungan dan sekaligus peresapan air ke dalam tanah.

4. Briket Sampah.
Saat ini kita harus menghadapai kenyataan yang sangat memprihatinkan dengan mahalnya dan susahnya mendapatkan minyak tanah. Briket sampah adalah sebuah teknologi killen metal berbentuk drum oli yang diatasnya dibentuk cerobong dab ditengah-tengahnya diberi selongsong. Briket samp[ah digunkan untuk pengganti minyak tanah, selain itu juga dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang ada.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Dan Jenis-jenis Iptek

0 komentar:

Poskan Komentar