Dari Sebuah Catatan Untuk Berbagi Dan Mencoba Dalam Mengetahui Suatu Arti Dan Makna Yang Di Cari Di Info Dan Pengertian Para Ahli

Pengertian Manajemen Kelas Menurut Pakar

Pengertian Manajemen Kelas Menurut Pakar 
Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuam organisasional atau maksudmaksud yang nyata. Manajemen adalah suatu kegiatan, pelaksanaannya adalah managing pengelolaan. Sedangkan pelaksananya disebut dengan manajer atau pengelola. 

Beberapa pakar pendidikan mengungkapkan definisi masing-masing kata untuk pengertian yang lebih mendalam. Menurut Oemar Hamalik, "kelas adalah suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama yang mendapatkan pengajaran dari guru". Pengertian ini jelas ditinjau dari segi anak didik karena dalam pengertian tersebut ada frase kelompok orang. Sedangkan menurut Suharsini Arikunto, kelas adalah "sekelompok siswa yang pada waktu yang sama menerima pelajaran yang sama”

Adapun pengertian manajemen kelas ditinjau dari paham lama, yaitu mempertahankan ketertiban kelas. Sedangkan menurut pengertian baru dikemukakan oleh Made Pidarta bahwa "manajemen kelas adalah proses seleksi dan penggunaan alat-alat yang tepat terhadap problema dan situasi kelas". Dalam hal ini guru bertugas menciptakan, mempertahankan dan memelihara sistem organisasi sehingga siswa dapat memanfaatkan kemampuan, bakat dan energinya pada tugastugas individual. Hadadio Nawawi dengan mengatakan: 

Manajemen kelas diartikan sebagai kemampuan guru atau wali kelas dalam mendayagunakan potensi kelas berupa pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu dan dana yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efesien untuk melakukan kegiatan-kegiatan kelas yang berkaitan dengan kurikulum dan perkembangan siswa. 

Secara umum manajemen kelas dimanfaatkan untuk menciptakan kondisi dalam kelompok kelas yang berupa lingkungan kelas yang baik, yang dapat memungkinkan siswa berbuat sesuai dengan kemampuannya. Penerapan manajemen kelas produknya dinamis sesuai dengan tujuantujuan yang hendak dicapai.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Manajemen Kelas Menurut Pakar

0 komentar:

Poskan Komentar