Dari Sebuah Catatan Untuk Berbagi Dan Mencoba Dalam Mengetahui Suatu Arti Dan Makna Yang Di Cari Di Info Dan Pengertian Para Ahli

Pengertian Dan Fungsi Saluran Distribusi Menurut Ahli

Pengertian Dan Fungsi Saluran Distribusi 
Distribusi adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai, sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan. Saluran distribusi adalah sekelompok perusahaan atau perseorangan yang memiliki hak pemilikan atas produk atau membantu memindahkan hak pemilikan produk atau jasa ketika akan dipindahkan dari produsen ke konsumen (Kotler, 1991). Menurut Winardi (1989), yang dimaksud dengan saluran distribusi adalah suatu kelompok perantara yang berhubungan erat satu sama lain dan yang menyalurkan produk-produk kepada pembeli.

Fungsi utama saluran distribusi adalah menyalurkan barang dari produsen ke konsumen, maka perusahaan dalam melaksanakan dan menentukan saluran distribusi harus melakukan pertimbangan yang baik. Adapun fungsi-fungsi saluran distribusi menurut Kotler (1997) adalah :

1. Information 
Yaitu mengumpulkan informasi penting tentang konsumen dan pesaing untuk merencanakan dan membantu pertukaran.

2. Promotion
Yaitu pengembangan dan penyebaran komunikasi persuasif tentang produk yang ditawarkan.

3. Negotiation
Yaitu mencoba untuk menyepakati harga dan syarat-syarat lain, sehingga memungkinkan perpindahan hak pemilikan.

4. Ordering
Yaitu pihak distributor yang memesan barang kepada perusahaan.

5. Payment
Yaitu pembeli membayar tagihan kepada penjual melalui bank atau lembaga keuangan lainnya.

6. Title
Yaitu perpindahan kepemilikan barang dari suatu organisasi atau orang kepada organisasi/orang lain.

7. Physical Possesion
Yaitu mengangkut dan menyimpan barang-barang dari bahan mentah hingga barang jadi dan akhirnya sampai ke konsumen akhir.

8. Financing
Yaitu meminta dan memanfaatkan dana untuk biaya-biaya dalam pekerjaan saluran distribusi.

9. Risk taking
Yaitu menanggung resiko sehubungan dengan pelaksanaan pekerjaan saluran distribusi.

Promosi
Promosi merupakan salah satu cakupan bauran pemasaran yang penting dalam memasarkan barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan dan juga sebagai suatu cara memberikan informasi kepada masyarakat tentang barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan. Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran, yaitu aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar konsumen bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan (Tjiptono, 2002).

1. Bentuk-bentuk Promosi
Bentuk-Bentuk promosi menurut Kotler dan Amstrong (2004) adalah sebagai berikut:
  • Pemasangan iklan adalah setiap bentuk presentasi dan promosi yang memerlukan biaya tentang gagasan , barang atau jasa oleh sponsor yang jelas.
  • Penjualan Personal adalah Presentasi personal oleh tenaga penjual sebuah perusahaan dengan tujuan menghasilkan trensaksi penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan.
  • Promosi Penjualan adalah insentif-insentif jangka pendek untuk mendorong penjualan produk atau jasa
  • Hubungan Masyarakat adalah membangun hubungan baik dengan berbagai publik perusahaan dengan sejumlah cara supaya memperoleh publisitas yang menguntungkan, membangun citra perusahaan yang bagus, dan menangani atau meluruskan rumor, cerita, serta event yang tidak menguntungkan.
  • Pemasaran Langsung adalah hubungan-hubungan langsung dengan masing-masing pelanggan yang dibidik secara seksama dengan tujuan baik untuk memperoleh tanggapan segera, maupun untuk membina hubungan dengan pelanggan yang langgeng.

Harga
Harga merupakan salah satu unsur variabel non produk yang paling sensitif bagi konsumen karena mempunyai peranan penting dimata konsumen sebagai pertimbangan dalam keputusan pembelian suatu produk. Dari sudut pandang pemasaran, harga merupakan ukuran atau nilai dari barang atau jasa yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa.

Menurut Kotler (2001), harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.

Kebijakan perusahaan dalam kebijakan penetapan harga merupakan elemen yang sangat penting dari rencana pemasaran. Hal ini dibutuhkan untuk membuat keputusan dimasa yang akan datang tergantung dengan kondisi lingkungan baik itu lingkungan internal perusahaan maupun lingkungan eksternal perusahaan.

Adapun yang termasuk kedalam faktor internal perusahaan adalah sebagai berikut:
  1. Tujuan Pemasaran Perusahaan
  2. Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
  3. Biaya
  4. Organisasi
Keputusan Pembelian
Keputusan pembelian adalah salah satu keputusan yang dilakukan oleh konsumen yang dipengaruhi oleh kebudayaan, kelas sosial, keluarga dan refrensi group yang akan membentuk suatu sikap pada diri individu kemudian melakukan pembelian (Buchari Alma, 2008).

Keputusan pembelian timbul karena adanya penilaian objektif atau karena dorongan emosi. Keputusan untuk bertindak adalah hasil dari serangkaian aktivasi dan rangsangan mental emosional. Proses untuk menganalisa, merasakan dan memutuskan, pada dasarnya adalah sama seperti seorang individu dalam memecahkan permasalahannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Dan Fungsi Saluran Distribusi Menurut Ahli

0 komentar:

Poskan Komentar