Dari Sebuah Catatan Untuk Berbagi Dan Mencoba Dalam Mengetahui Suatu Arti Dan Makna Yang Di Cari Di Info Dan Pengertian Para Ahli

Pengertian Perangkat Keras (Hardware)

Pengertian Perangkat Keras (Hardware) 
Menurut Rainer (2011:65) lebih spesifik menyatakan bahwa, “Perangkat Keras (Hardware) adalah perangkat seperti processor, monitor, keyboard, dan printer. Bersama perangkat ini berfungsi sebagai penerima data dan informasi, memproses, mengolah dan menampilkannya menjadi informasi atau data yang berguna bagi yang membutuhkan. Hardware digunakan sebagai media komunikasi. Hardware adalah penghubung jaringan. Hardware bertujuan untuk mentransmisi data menjadi lebih efektif.”

Menurut O’Brien (2011: 163) lebih spesifik menyatakan bahwa, “Perangkat Keras (Hardware) adalah mencakup semua perlatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi. Komponen dan sumber daya yang diperlukan untuk menyampaikan informasi dan yang digunakan umntuk memproses informasi kepada organisasi. Hardware berkaitan dengan peralatan keras dengan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data sehingga transmisi data lebih efektif. Hardware termasuk microcomputer, server ukuran menengah dan sistem mainframe besar, serta alat input, output, dan media penyimpanan pendukung lainnya. Hardware terdiri dari input, output, storage, CPU, RAM.”

Pengertian Perangkat Keras (Hardware) menurut Rainer (2011: 65), dan O’Brien (2011: 163) dapat disimpulkan bahwa Perangkat Keras (Hardware) adalah suatu perangkat berbentuk fisik yang digunakan untuk pemrosesan informasi, menerima informasi, sebagai proses transmisi data yang lebih efektif. Hardware berfungsi untuk mengelola informasi sehingga berguna bagi yang menggunakan terutama bagi organisasi. Hardware terdiri dari beberapa perangkat seperti processor, monitor, keyboard, dan printer. Hardware dapat digunakan sebagai media penyimpanan. Hardware dapat menghubungkan beberapa perangkat dengan menggunakan jaringan sehingga cara kerjanya lebih efektif dan efisien. 

Pengertian Perangkat Lunak (Software)
Menurut Rainer (2011: 40)lebih spesifik menyatakan bahwa, ”Perangkat Lunak (Software) adalah suatu program, atau kumpulan dari program yang memungkinkan perangkat keras untuk memproses data. Software merupakan sekumpulan instruksi yang dieksekusi oleh hardware untuk menjalankan tugas tertentu. Software dioperasikan dengan Hardware. Ada 2 tipe utama dari software, yaitu application software dan system software. Aplikasi software yang memungkinkan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang memungkinkan perangkat keras bekerja. Sistem software yaitu menangani hal yang bersifat spesifik untuk mengelola teknologi dan mengatur interaksi dari keseluruhan peralatan teknologi.”

Menurut O’Brien (2011: 164)lebih spesifik menyatakan bahwa, “Perangkat Lunak (Software) adalah istilah umum untuk berbagai jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan dan memanipulasi komputer dan perangkat yang digunakan. Konsep umum software adalah rangkaian perintah pemrosesan informasi. Salah satu cara umum untuk menggambarkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengatakan perangkat lunak yang dapat dianggap sebagai bagian variabel dari sebuah komputer dan perangkat keras bagian berubah-ubah. Program komputer dan prosedur berkaitan dengan pengoperasian sistem informasi. Kontras dengan hardware.”

PengertianPerangkat Lunak (Software) menurut Rainer (2011: 40), dan O’Brien (2011: 164) dapat disimpulkan bahwa Perangkat Lunak (Software) adalah suatu program yang digunakan untuk mengoperasikan dan memanipulasi komputer serta perangkat yang digunakan. Software adalah program yang digunakan untuk memproses data atau informasi sehingga lebih berguna bagi orang yang membutuhkan informasi. Software berjalan sesuai dengan perintah didalam proses menggembangkan informasi. Tipe software terbagi menjadi 2 antara lain Application Software dan System Software. Software dioperasikan dengan peralatan Hardware.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Perangkat Keras (Hardware)

0 komentar:

Poskan Komentar