Dari Sebuah Catatan Untuk Berbagi Dan Mencoba Dalam Mengetahui Suatu Arti Dan Makna Yang Di Cari Di Info Dan Pengertian Para Ahli

Pengertian Jaringan Menurut Ahli

Pengertian Jaringan Menurut Ahli 
Menurut O’Brien (2011: 198) lebih spesifik menyatakan bahwa, “Jaringan adalah sebuah jaringan computer terdiri atas media komunikasi peralatan–peralatan, dan software yang dibutuhkan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer dan peralatan. Jaringan, sistem interkoneksi saluran komputer, terminal, dan komunikasi dan perangkat. Jaringan berarti saling berhubungan atau saling rantai, kelompok, atau sistem. Menggunakan definisi ini, kita dapat mulai mengidentifikasi semua jenis jaringan. Sistem informasi dan teknologi, mudah bagi kita untuk memikirkan jaringan dalam hal komputer yang terhubung. Network, yang terdiri dari kedua perangkat fisik dan perangkat lunak, menghubungkan berbagai potongan perangkat keras dan data transfer dari satu lokasi fisik yang lain.”

Ada 2 ukuran jaringan umum, yaitu LAN (Local Area Networks) dan WAN (Wide Area Networks). MAN (Metropolitan Area Network) berada diantara dua ukuran tersebut. LAN (Local Area Network) menghubungkan dua atau lebih alat komunikasi sampai 200 kaki. Sehingga setiap penggunaan alat dalam jaringan memiliki potensi untuk berkomunikasi dengan alat lainnya.WAN (Wide Area Networks) termasuk jaringan regional yang terdiri atas kumpulan telepon atau jaringan internasional seperti penyedia layanan komunikasi global,biasanya pemiliknya adalah milik komersial, swasta, dan publik.

Jenis jaringan komputer menurutO'Brien, Marakas (2011: 127):

a. Masukan (Input)
Perangkat input dari sistem komputer termasuk keyboard komputer, layar sentuh, mouse, dan optic scanner. Mereka mengkonversi data ke elektronik untuk masuk langsung maupun melalui satu jaringan telekomunikasi ke dalam sistem komputer.

b. Pengolahan (Processing)
Central Processing Unit (CPU) adalah komponen pemrosesan utama dari sebuah sistem komputer.

c. Keluaran (Output)
Perangkat output dari sebuah sistem komputer meliputi unit video display, dan printer. Mereka mengubah informasi elektronik yang dihasilkan oleh sistem komputer ke manusia agar dapat dimengerti dan dapat dipresentasikan.

d. Storage
Fungsi penyimpanan sistem komputer yang berlangsung di dalam penyimpanan unit komputer penyimpanan utama, atau memori, yang didukung oleh perangkat penyimpanan sekunder seperti disc magnetic disc dan optical disc drive. Perangkat ini menyimpan data dan instruksi perangkat lunak yang diperlukan untuk diproses.

e. Pengendalian (Control)
Unit kontrol dari CPU adalah komponen kontrol sistem komputer, register dan sirkuit lainnya menginterpretasikan instruksi software dan mengirimkan arah yang mengendalikan komponen-komponen lain dari sistem komputer.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Jaringan Menurut Ahli

0 komentar:

Poskan Komentar