Dari Sebuah Catatan Untuk Berbagi Dan Mencoba Dalam Mengetahui Suatu Arti Dan Makna Yang Di Cari Di Info Dan Pengertian Para Ahli

Pengertian Dan Sejarah Mikroprosesor

Pengertian Dan Sejarah Mikroprosesor 
Terdapat Tiga Pengertian Mikroposesor:
  • Mikroposesor
  • Mikrokomputer
  • Mikrokontroler
MIKROPROSESOR
  • Definisi: Mikroprossesor adalah suatu chip yang didalamnya terkandung rangkaian ALU (arithmetic-logic unit), rangkaian CU (control unit), 
  • Register-register Mkroprossesor disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit) 
  • ALU: menyediakan fungsi pengolahan CU yang mengontrol fungsi prosesor 
  • Register: penyimpan sementara dalam mikroprossesor
MIKROKOMPUTER
• Definisi: Mikrokomputer adalah interkoneksi antara mikroprosesor(CPU) dengan memori utama (main memory) dan antar muka input-output (I/O interface) yang dilakukan dengan menggunakan sistem interkoneksi bus.

MIKROKONTROLER
• MikrokontrolerChip yang didalamnya terkandung sistem interkoneksi antara Mikroprosesor, RAM, ROM, I/O interface, dan beberapa peripheral. Mikrokontroler disebut juga On-chip-Peripheral. 

Sejarah Microprocessor
Micro Processor – juga dikenal dengan istilah CPU atau Central Processing Unit – adalah merupakan mesin komputasi komplit yang dipabrikasi pada satu chip.

Micro processor pertama adalah Intel 4004 yang diperkenalkan pada tahun 1971. Sebelum 4004 para insinyur membuat komputer dari kumpulan chip atau dari komponen yang berlainan (transistor yang dihubungkan bersama). Dan 4004 merupakan salah satu otak kalkulator elektronik portable yang pertama.

Bnerikyt adalahPerkembangan mikroprossesor dari tahun ke tahun :
• 1972 : Mikroprosesor 8008 
• 1974 : Mikroprosesor 8080
• 1978 : Mikroprosesor 8086-8088
• 1982 : Mikroprosesor 286
• 1985 : Mikroprosesor Intel386™ 
• 1989 : DX CPU Mikroprosesor Intel486™ 

Jenis Mikroprosesor Kategori: 
• Teknologi Bahan
• LebarBus Data
• PabrikPembuat
• Generasi
• Jenis Instruksi

Fungsi komponen di dalam mikroprosesor :
a. Register A, B, dan C terdiri dari untai latch yang disusun dari untai flip-flop. Address Latch hanya meregister A, B, dan C
b. Program counter : sebuah latch dengan kemampuan tambahan untuk menaikkan satu angka, dan juga bisa me-reset ke nol jika diperintahkan.
c. ALU bekerja seperti penjumlah 8-bit sederhana : melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian nilai-nilai 8-bit.
d. Test register : Sebuah ALU secara normal bisa membandingkan dua buah angka dan menentukan apakah keduanya sama besar nilainya atau salah satu lebih besar dari yang lain.
e. Tri-state buffer : bisa melewatkan dan memutus keluarannya (seperti saklar).
f. Instruction Register dan instruction decoder bertanggungjawab untuk mengendalikan semua komponen-komponen lainnya.

BeberapaJenisMikroprosesorAtas DasarTeknologiBahannya
           Prosesor                                  Teknologi                 Konsumsi                 Siklus
                                                                                             Daya                       Instruks                                                                     
1.      NTEL 8008                                    PMOS                      420mW                  10us
2.      NTEL 8085                                    NMOS                     400mW                 1,3us 
3.      INTEL 80286                                HCMOS                   2500mW                0,1us
4.      RCA 1802CC                                 MOS                         400mW                  6,4us
5.      MOTOROLA MC6800N               MOS                         600mW                  2,0us
6.      MOTOROLA MC68000                HCMO                 S1750mW                   0,08us
7.      MOS Technology 6502                  NMOS                      250mW                   3,0us
8.      National 32032                               HCMOS                 1000mW                   0,1us
9.      ZilogZ80                                         NMOS                     400mW                    1,3us

Cara Kerja Microprocessor
Mikroprosesor bekerja dengan bahasa assembly. Eksekusi seluruh instruksi dilakukan dengan bahasa ini. Walau sebenarnya pekerjaan mikroprosesor jauh lebih rumit, tetapi pada dasarnya hanya ada 3 pekerjaan yang dilakukan 
• Menggunakan ALU, mikroprosesor dapat melakukan operasi aritmatik (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Mikroprosesor modern memiliki prosesor floating point yang bisa melakukan operasi-operasi yang sangat rumit untuk membantu CPU. 
• Mikroprosesor bisa memindahkan data dari lokasi memori ke peranti lainnya dan sebaliknya.
• Mikroprosesor bisa membuat keputusan dan melompat ke set instruksi yang baru, berdasar pada keputusan itu.

Organisasi microprocessor

Mikroprosesor ini kadang-kadang disebut sebagai 'otak' dari komputer pribadi, dan bertanggung jawab untuk pengolahan instruksi yang membentuk perangkat lunak komputer. Yang disebut sebagai mikroprosesor kadang-kadang 'otak' USING Komputer Pribadi, bertanggung jawab untuk Artikel Dan Pengolahan Instruksi Yang membuat perangkat lunak Komputer. Ini rumah central processing unit, biasanya disebut sebagai CPU, dan dengan demikian merupakan bagian sangat penting dari PC rumahan. Inisial Rumah pusat processing unit biasanya, disebut sebagai CPU dan Jaksa karena itu Oleh Bagian tidak adalah PC rumahan Penting USING krusial. Namun, berapa banyak orang yang benar-benar mengerti bagaimana chip itu sendiri bekerja? Namun, berapa banyak Orang benar-benar Yang mengerti bagaimana itu Sendiri chip bekerja?

Tutorial ini bertujuan untuk memberikan pengenalan kepada berbagai bagian mikroprosesor, dan untuk mengajarkan dasar-dasar dari arsitektur dan cara kerja CPU di tiga bagian tertentu: Tutorial Suami bertujuan memberikan pengenalan kepada untuk Artikel berbagai Bagian tidak mikroprosesor dan Jaksa untuk Artikel Dan mengajarkan ditempatkan Arsitektur Cara Kerja Di CPU tertentu Tiga Bagian tidak:CPU Structure Struktur CPU This section, using a simplified model of a central processing unit as an example, takes you through the role of each of the major constituent parts of the CPU. Bagian ini, menggunakan model sederhana dari sebuah unit pengolahan pusat sebagai contoh, akan membawa Anda melalui peran masing-masing bagian unsur utama dari CPU. It also looks more closely at each part, and examines how they are constructed and how they perform their role within the microprocessor. Hal ini juga tampak lebih dekat masing-masing bagian, dan meneliti bagaimana mereka dibangun dan bagaimana mereka menjalankan peranan mereka dalam mikroprosesor. 

Instruksi Pelaksanaan Instruksi Eksekusi
Setelah Anda akrab dengan berbagai elemen prosesor, bagian ini melihat bagaimana mereka bekerja sama untuk proses dan melaksanakan program. Ini melihat bagaimana berbagai petunjuk yang membentuk program diakui, bersama-sama dengan proses dan tindakan yang dilakukan selama siklus eksekusi instruksi itu sendiri. Penghasilan kena pajak nama dan Kembali Akrab Artikel Baru berbagai elemen prosesor Bagian tidak, Suami ada posting bagaimana mereka bekerja unt Bagian ini, dengan menggunakan model sederhana dari sebuah unit pengolahan pusat sebagai contoh, akan membawa Anda melalui peran setiap bagian unsur utama dari CPU. Bagian tidak tahu apa pendapat, menggunakan uk Artikel transovarial Sama Dan melaksanakan program.

Hal inisial ada posting bagaimana berbagai petunjuk Yang diakui membentuk program, Bersama-sama Artikel Baru transovarial tindakan Keluar Dan Yang dilakukan selama pelaksanaan siklus Instruksi itu Sendiri. Selanjutnya Fitur - Fitur lebih lanjut

Sekarang dasar telah tercakup, pembahasan ini akan mengkaji kemajuan lebih lanjut dalam bidang arsitektur mikroprosesor bahwa telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang telah ditempatkan tercakup pembahasan, inisial akan keanaeragaman mengkaji kemajuan dalam bidang Arsitektur mikroprosesor lebih lanjut Yang telah terjadi dalam beberapa Tahun Terakhir. Penjelasan teknik seperti pipelining dan HyperThreading disediakan, bersama dengan melihat memori cache dan tren dalam arsitektur CPU. Penjelasan Teknik Dan pipelining Hyper Threading seperti disediakan Bersama, Memori cache ada posting Artikel Baru Dan tren dalam Arsitektur CPU.

Setiap bagian juga ditutup dengan kuis multiple choice dengan yang Anda bisa menguji pengetahuan Anda, sementara beberapa juga mengandung animasi interaktif dalam rangka untuk meningkatkan pengalaman belajar Anda. Terkait masih berlangsung Bagian tidak juga diakhiri berlangganan Artikel Baru Artikel Baru Kuis pilihan ganda Yang dapat menguji pengetahuan nama dan Kembali, sementara beberapa juga mengandung animasi interaktif dalam rangka meningkatkan pengalaman Belajar untuk Artikel nama dan Kembali. Animasi ini dalam format Macromedia Flash, dan akan memerlukan Flash Player harus diinstal pada komputer Anda. Inisial adalah animasi dalam format Macromedia Flash dan Jaksa akan keanaeragaman memerlukan flash Player harus diinstal Komputer pada nama dan Kembali. Jika tidak, silakan kunjungi situs web Macromedia untuk men-download dan menginstal plug-in browser. Jika tidak, silakan kunjungi situs web Macromedia untuk Artikel Dan orang-download menginstal plug-in browser.

Bagian pertama dari tutorial ini terkait dengan struktur unit pengolah pusat. Bagian tidak tahu apa pendapat pertama? Berlangganan Artikel Baru USING tutorial struktur unit pengolah Pusat. Silahkan klik tombol ditandai dengan tanda panah di sebelah di bawah ini untuk melanjutkan. Silahkan Anda pilih tombol tanda Panah ditandai Artikel Baru Di Suami Di sebelah Arus bawah untuk Artikel melanjutkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Dan Sejarah Mikroprosesor

0 komentar:

Poskan Komentar