Dari Sebuah Catatan Untuk Berbagi Dan Mencoba Dalam Mengetahui Suatu Arti Dan Makna Yang Di Cari Di Info Dan Pengertian Para Ahli

Ungkapan Peribahasa Air Sebagai Inspirasi Karya Seni Rupa Dengan Teknik Marbling

Ungkapan Peribahasa Air Sebagai Inspirasi Karya Seni Rupa Dengan Teknik Marbling 
Sistem simbol yang disepakati dan didukung oleh lingkungan sosial masyarakat, serta dijadikan sarana komunikasi guna merefleksikan kebenaran secara moral terungkap lewat bahasa verbal, selain itu terdapat pula rangkaian simbol-simbol dalam bentuk pemahaman interpreative ini merupakan pengolahan manusia sebagai makhluk yang berbudaya.

Tema air dalam ungkapan peribahasa merupakan salah satu tema yang terbanyak di antara tema-tema ungkapan peribahasa di Nusantara, hal ini tentu saja berkaitan dengan keberadaan kondisi dan kebudayaan yang terdapat di Nusantara. Dengan kenyataan tersebut penyusun memperoleh stimuli tentang tema dan makna ungkapan peribahasa air sebagai latar belakang. Di samping kenyataan tersebut penyusun tertarik dengan watak air yang ditemukan keselarasan dengan sebuah teknik yang menstimuli eksperimen-eksperimen, baik kecenderungan teknik maupun bentuk.

Kesadaran tentang menyusun bentuk pada karya merupakan hal tersendiri, sedangkan menyusun hal yang dialami sebagai catatan konsep dan proses adalah hal lain. Menikmati sebuah karya seni rupa berbeda dengan memahami makna dan isi karya tersebut, maka penyusun berkewajiban melakukan dua hal sekaligus, yakni berkarya dan menuliskan konsep pertanggungjawaban.

Perupaan air yang dijadikan sebagai ide pada proses berkarya merupakan sifat dari keberadaan hakekat air secara alamiah. Air terdapat dan berhubungan dengan unsur alam lainnya. Sedangkan makna ungkapan peribahasa air diangkat dari metafor dan personifikasi dari keberadaan sifat manusia, yang dipahami secara interpretatif guna menemukan pemaknaan baru dari suatu simbol peribahasa.

Berdasarkan pada konsep atau pemahaman terhadap stimuli makna ungkapan peribahasa, penyusun melakukan penafsiran ulang mengolah metafor bahasa baru guna menghasilkan pendekatan antara konsep dan penampilan pada rupa karya. Kesesuaian antara tema air dan teknik marbling ini memunculkan bentuk-bentuk bahasa rupa melalui teknik marbling, yakni mengangkat efek-efek yang terjadi pada permukaan air yang bermuatan cat minyak. Namun pada proses ini penulis bukan semata-mata tertuju pada kemampuan teknik semata, yang terpenting bagaimana memunculkan perasaan-perasaan yang diabstraksikan dari realitas guna memunculkan bentuk esensi yang berkesesuaian dengan tema, ide dan gagasan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ungkapan Peribahasa Air Sebagai Inspirasi Karya Seni Rupa Dengan Teknik Marbling

0 komentar:

Poskan Komentar