Dari Sebuah Catatan Untuk Berbagi Dan Mencoba Dalam Mengetahui Suatu Arti Dan Makna Yang Di Cari Di Info Dan Pengertian Para Ahli

Langkah Strategis Membangun Karakter Kebangsaan

Langkah Strategis Membangun Karakter Kebangsaan 
Langkah strategis membangun karakter kebangsaan adalah melalui sektor pendidikan. Hanya negara-negara yang memiliki karakter kebangsaan yang kuatlah yang siap bersaing ditengah globalisasi. Pendidikan nasional yang mengkolaborasikan sistem pendidikan formal modern dengan sistem pendidikan Agama dapat menjadi salah satu khazanah kekayaan dan bisa menjadikan dunia pendidikan Indonesia sebagai garda terdepan bagi penguatan karakter kebangsaan.

Harus disadari bahwa salah satu keunikan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa-bangsa lain di dunia adalah warisan multietnik dan multikultur. Keberagaman etnik yang hingga kini mencapai lebih dari 500 etnik yang menggunakan 250 bahasa merupakan kekayaan bangsa yang mesti dipelihara dan dikelola dengan mengedepankan nilai-nilai kemajemukan sehingga masing-masing etnik bukan berdiri sebagai entitas yang tertutup dan independen melainkan saling berinteraksi satu sama lain dan saling bergantung, serta saling mempengaruhi satu sama lain. 

Prinsip “Bhineka Tunggal Ika” seharusnya dapat dijadikan kunci pembuka interaksi sosial sehingga terbangun suatu pemahaman lintas budaya dan rasa percaya pada setiap pihak yang terlibat dalam interaksi itu, yang merupakan modal sosial bagi terbentuknya suatu hubungan antar-etnik dan antar- budaya yang sehat, sejahtera dan maju. Dengan demikian, hidup dalam keberagaman dapat dipandang sebagai suatu kekuatan dahsyat dalam membangun nasionalisme struktural menuju bangsa yang mandiri dan bermartabat.

Demikianlah sumbangan pemikiran yang dapat kami berikan, untuk ikut membangun kejayaan bangsa dan negara yang kita cintai ini. Semoga 'inayah dan taufiq Allah senantiasa menyertai kita; Amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Langkah Strategis Membangun Karakter Kebangsaan

0 komentar:

Poskan Komentar