Dari Sebuah Catatan Untuk Berbagi Dan Mencoba Dalam Mengetahui Suatu Arti Dan Makna Yang Di Cari Di Info Dan Pengertian Para Ahli

Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Pada Lembaga Manajemen Zakat Infaq Dan Shadaqah

Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Pada Lembaga Manajemen Zakat Infaq Dan Shadaqah 
Lembaga Manajemen Zakat Infaq dan Shadaqah (LMZIS) merupakan sebuah lembaga yang mengkhususkan diri dalam bidang sosial dan dakwah seperti mengumpulkan zakat, infaq dan shadaqah umat islam di lingkup civitas akademika ITS, alumni, masyarakat sekitarnya, serta mendistribusikan untuk aktifitas dakwah dalam arti luas, utamanya di kampus ITS dan merajut tali ukhuwah dengan pendekatan kerjasama meningkatkan kemandirian ekonomi umat islam. 

Kendala yang dihadapi oleh LMZIS yaitu belum ada transparansi dalam kegiatan penyaluran dana, pengendalian dana dan penerimaan zakat sehingga pihak manajemen kurang begitu mengetahui pengalokasian dan penyaluran dana tersebut. Selain itu dibutuhkan juga laporan keuangan dan laporan manajerial yang menghasilkan informasi akurat sehingga LMZIS dapat melakukan evaluasi apakah pengelolaan dana sesuai target atau tidak.

Dengan adanya permasalahan yang ada di LMZIS, maka perlu adanya suatu sistem informasi akuntansi keuangan yang mengahasilkan informasi keuangan yang diolah dari data kegiatan per periode dan data penyaluran dana donatur sehingga menghasilkan laporan keuangan dan laporan manajerial. Hal tersebut dapat mempermudah direksi, muzzaki dan donatur untuk mendapatkan informasi yang jelas.

Sistem informasi akuntansi keuangan LMZIS yang dibangun dapat membantu proses bisnis yang ada pada LMZIS saat ini mulai dari proses pencatatan transaksi, pelaporan keuangan dan evaluasi. Sehingga output yang dihasilkan oleh sistem yang dibuat dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh LMZIS saat ini. 

1. Sistem Informasi Akuntansi Keuangan
Secara umum, sistem informasi akuntansi berfingsi untuk mengelola data keuangan. Data-data keuangan yang telah terkumpul, kemudian diproses sehingga akan dihasilkan informasi atau laporan keuangan yang ditujukan pada pihak internal ataupun ekternal perusahaan. Sistem Informasi Akuntansi Keuangan merupakan sistem informasi yang dikhususkan untuk memberikan sebuah laporan kepada pihak eksternal perusahaan menurut persyaratan pelaporan yang telah ditetapkan sebelumnya. Kedua sistem informasi akuntansi ini memproses transaksi akuntansi serta memasok informasi untuk mengawasi sumber daya perusahaaan dan sekaligus mengevaluasi status serta kemajuannya (Mulyadi, 1997).

2. Key Performance Indikator
Menurut Haryanti (2008) Key Performance Indicator adalah indikator yang mempresentasikan kinerja dari proses yang dilaksanakan. Key Performance Indicator merupakan sekumpulan ukuran mengenai aspek kinerja yang paling kritis, yang menentukan kesuksesan organisasi pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Key Performance Indicator digunakan memprediksi peluang kesuksesan atau kegagalan dari proses-proses yang dilaksankan organisasi.

3. Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba
Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (2009), karakteristik organisasi nirlaba berbeda dengan organisasi bisnis. Perbedaan utama yang mendasar terletak pada cara organisasi memperoleh sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas operasinya. Organisasi nirlaba memperoleh sumber daya dari sumbangan para anggota dan para penyumbang lain yang tidak mengharapkan imbalan apa pun dari organisasi tersebut. 

Laporan keuangan organisasi nirlaba meliputi laporan posisi keuangan pada akhir periode laporan, laporan aktivitas serta laporan arus kas untuk suatu periode laporan, laporan aktivitas serta laporan arus kas untuk suatu periode pelaporan, dan catatan atas laporan keuangan.

Context Diagram 

Gambar  Context Diagram 

Laporan Arus Kas
Laporan arus kas pada SIA LMZIS ini bertujuan untuk mengetahui transaksi pemasukan dan pengeluaran yang ada pada LMZIS dalam 1 bulan. Gambar 2 menunjukkan laporan arus kas.

Gambar Laporan Arus Kas

Laporan Perubahan Saldo
Laporan perubahan saldo pada SIA LMZIS ini menampilkan saldo awal, pemasukan, pengeluaran dan saldo akhir dengan tujuan manager dapat mengetahui ringkasan perubahan saldo per periode pada LMZIS.

Gambar Laporan Perubahan saldo

Laporan Pemasukan dan Penyaluran ZIS
Laporan pemasukan dan penyaluran ZIS memberi informasi secara transparan tentang rincian dana dari kegiatan pemasukan dan pennyaluran ZIS.

Gambar Laporan Pemasukan ZIS

Gambar  Laporan Penyaluran ZIS

Laporan Evaluasi
Laporan evaluasi memberikan informasi ringkasan saldo, pencapaian target dalam bentuk persentase (%) yang dipacu dari KPI yang telah dibuat manager pada awal bulan dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan.

Gambar Laporan Pemasukan ZIS

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Pada Lembaga Manajemen Zakat Infaq Dan Shadaqah

0 komentar:

Poskan Komentar