Dari Sebuah Catatan Untuk Berbagi Dan Mencoba Dalam Mengetahui Suatu Arti Dan Makna Yang Di Cari Di Info Dan Pengertian Para Ahli

Cara Membuatan Motif Batik Rumus Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Cara Membuatan Motif Batik Rumus Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat 
Batik merupakan salah satu seni budaya Indonesia yang sudah menyatu dengan masyarakat Indonesia sejak beberapa abad lalu. Batik dewasa ini tidak hanya dipakai bangsawan untuk kegiatan yang sifatnya resmi. Hampir semua orang dari segala lapisan ekonomi memiliki dan pernah memakai batik dalam berbagai acara.

Batik tidak hanya dikenal di dalam negeri, batik juga diminati oleh masyarakat luar negeri. Beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Amerika Serikat serta beberapa negara di Eropa dan Afrika berhasil mengembangkan batik sendiri dengan ciri khas masing-masing, bahkan sebagian dari negara tersebut telah mematenkan beberapa motif batiknya. Maraknya produksi batik luar negeri mulai mengancam eksistensi batik Indonesia. Eksistensi batik dalam masyarakat Indonesia sangat ditunjang oleh perkembangan batik itu sendiri baik dari segi motif, pewarnaan, maupun harga batik di pasaran.

Sekarang ini para pengrajin batik sedang mengalami kesulitan dalam memproduksi batik. Semakin mahalnya bahan baku pembuatan batik seperti lilin malam, obat-obatan, abu soda dan pewarna menyebabkan harga jual kain batik naik. Salah satu hal yang dapat dilakukan pengarjin batik adalah meningkatkan kualitas motif batik agar batik yang mereka produksi dapat tetap menarik perhatian konsumen. Pengrajin batik harus memperbanyak koleksi motif batik yang menarik agar permintaan konsumen tidak menurun

Para pengrajin batik khususnya di Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan mengaku mengalami kesulitan dalam menemukan motif baru. Semakin tingginya harga jual motif batik yang ditawarkan oleh para designer batik membuat para produsen batik mengalami hambatan dalam usaha produksi batik yang mereka lakukan. Hal ini mengakibatkan para pengrajin batik hanya berkutat pada motif batik yang bercorak tradisional.

Fakta yang ada di pasaran menunjukkan bahwa keragaman dan keindahan motif batik membuat permintaan konsumen meningkat. Potensi batik Indonesia dikhawatirkan semakin terkikis tanpa upaya pelestarian dan pengembangan. Untuk itu, inovasi motif batik, dokumentasi corak, merek paten, riset pasar,dan penemuan motif baru serta strategi pemasaran dinilai penting demi berkembangnya motif batik Indonesia agar mampu bersaing dengan batik luar negeri.

Motif atau corak batik merupakan bagian yang penting dalam batik. Motif batik yang ada sekarang kebanyakan hanya mengacu pada alam semesta, tumbuhan, binatang, serta wujud imajiner yang berwawasan spiritual. Bentuk-bentuk motif yang tertuang dalam batik bersifat baku atau tetap, begitu pula pemilihan ornamen-ornamen yang dituangkan dalam suatu motif batik.

Menginagt bahwa jenis batik sangat dipengaruhi oleh selera konsumen dan perubahan waktu maupun model, maka perkembangan industri batik di Indonesia mengalami perkembangan yang cepat baik menyangkut rancangan, penampilan, corak dan keguanaannya yang disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pasar baik dalam maupun luar negeri.

Fechner berusaha menemukan kaidah-kaidah menagpa orang lebih manghargai sesuatu hal indah dan menyimpulkan bahwa penyebab orang menyukai keindahan adalah karena unsur yang mendasar seperti warna, nada, bentuk dan bangun geometris (garis, kurva)

Matematika dewasa ini tidak hanya sekedar ilmu hitung menghitung. Banyak konsep dalam matematika yang apabila divisualisasikan dapat memberi kesan yang indah dan menarik perhatian serta harmonis menurut indra manusia. Smith dan Sumaji (2003:60) menyatakan bahwa persamaan matematika bukan hanya mampu melahirkan grafik matematika yang indah sesuai dengan variabel yang dipilih, akan tetapi grafik persamaan tersebut dapat diterapkan pada industri kerajinan tangan.

Salah satu keindahan dalam matematika adalah keindahan grafik fungsi himpunan Julia yang merupakan iterasi (pengulangan) fungsi bilangan komplek. Fungsi bilangan komplek ini jika diolah di dalam komputer akan membentuk grafik-grafik yang mempesona. Grafik fungsi himpunan Julia memiliki bentuk yang beragam sesuai dengan persamaan fungsi dan hampir sama dengan motif-motif batik di Indonesia sehingga tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan suatu motif batik yang baru..

Berangkat dari hal itu penulis menyampaikan gagasan untuk menggunakan grafik fungsi himpunan Julia sebagai inovasi motif batik dengan nama Juliet yang berasal dari kata Julia Set yang memiliki arti himpunan Julia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuatan Motif Batik Rumus Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

0 komentar:

Poskan Komentar