Dari Sebuah Catatan Untuk Berbagi Dan Mencoba Dalam Mengetahui Suatu Arti Dan Makna Yang Di Cari Di Info Dan Pengertian Para Ahli

Perkembangan Dunia Teknologi Informasi

Perkembangan Dunia Teknologi Informasi 
Perkembangan teknologi informasi, terutama informasi digital akhir-akhir ini mengalami peningkatan secara pesat. Peningkatan ini ditandai dengan banyaknya penggunaan dandistribusi data multimedia. Kemudahan dalam pengaksesan data multimedia menyebabkan diperlukannya suatu sistem keamanan yang dapat mengamankan informasi dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Berbagai jenis metoda pengolahan digital untuk keamanan berbagai jenis data digital sudah tersedia saat ini.


Watermarking adalah salah satu cara untuk melindungi hak milik intelektual atas produk multimedia (gambar/foto, audio, teks, video) dengan menyisipkan informasi ke dalam data multimedia tersebut. Informasi yang disisipkan ke dalam data multimedia disebut watermark, dan watermark dapat dianggap sebagai sidik digital (digital signature) atau stempel digital dari pemilik yang sah atas produk multimedia tersebut. Blind watermarking adalah salah satu bagian dari watermarking dengan karakteristiknya yaitu tidak diperlukannya citra asli pada proses decoder untuk melihat pesan yang ditumpangkan.


Semakin berkembangnya teknologi, semua aplikasi akan berbasis Internet Protokol (IP). Berbagai cara digunakan untuk melewatkan layanan melalui jaringan IP. Jaringan IP sendiri adalah merupakan jaringan komunikasi data yang berbasis packet-switch. Salah satu layanan yang bisa dilewatkan melalui jaringan IP adalah layanan voice atau biasa disebut Voice over Internet Protocol (VoIP). VoIP adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara yang berbentuk paket melalui jaringan IP.

Dalam kode etik hacker ada kepercayaan bahwa berbagai informasi adalah hal sangat baik dan berguna, dan sudah kewajiban (kode etik) bagi seorang hacker untuk membagi hasil penelitiannya dengan cara menulis kode yang open source dan memberikan fasilitas untuk mengakses informasi tersebut dan menggunakan peralatan pendukung apabila memungkinkan. Disini kita bisa melihat adanya proses-proses pembelajaran. Yang menarik dalam dunia hacker yaitu terjadi strata-strata atu tingkatan yang diberikan oleh komunitas hacker kepada seseorang karena kepawaiannya bukan karena umur atau senioritasnya. Untuk memperoleh pengakuan atau derajat seorang hacker mampu membuat program untuk eksploit kelemahan system menulis tutorial/artikel aktif diskusi mailing list atau membuat situs web, dsb.

Akibat yang sangat nyata adabya cyber crime terhadap kehidupan sosial budaya di Indonesia adalah ditolaknya setiap transaksi di internet dengan menggunakan kartu kredit yang dikeluarkan oleh perbankan Indonesia. Masyarakat dunia telah percaya lagi dikarenakan banyak kasus credit cart PRAUD yang dilakukan oleh netter asal Indonesia. Dunia teknologi informasi berkembang sedemikian cepat sungguh luar diluar dugaan, tetapi perkembangan ini diikuti pula dengan kejahatan teknolog informasi. Dan j\karena kejahatan ini pula menyebabkan banyak orang harus membayar mahal untuk mencegahnya dan menaati hukum yang ada.

Perkembangan teknologi berbasis digital video saat ini cukup pesat. Berbagai cara dilakukan untuk menerapkan teknologi tersebut pada jaringan data yang di desain secara khusus maupun pada jaringan data existing (yang telah ada). Aplikasi dari teknologi berbasis digitial video antara lain Teleconference, Video Streaming, Live Streaming, Video on Demand, dan Video Surveillance.


Live Streaming sudah digambarkan sebagai ikon teknologi masa depan. Yang dalam aplikasinya lebih banyak digunakan untuk Conference Call, Video Surveillance (seperti security monitoring), dan hiburan (Television). Video Surveillance adalah aplikasi Live Streaming dengan menempatkan satu atau beberapa kamera pada suatu tempat yang dapat di-monitoring dengan cara streaming. Teknologi Live Streaming tidak jauh berbeda dengan Video Streaming, hanya saja sumber datanya bersifat real time langsung bersumber dari kamera.

Berbagai persoalan yang telah penulis sampaikan diatas hanya sekelumit dari berbagai permasalahan tentang kejahatan pada komputer serta pelanggaran kode etik profesiIT. Namun dari berbagai teori dan kasus pelanggaran yang telah disampaikan diatas setidak-tidaknya telah membuka wawasan kita bahwa teknologi komputer sebagai media tidak ternyata tidak dapat “ membebaskan diri” dari kejahatan. Dalam perkembangannya saat ini teknologi informasi menjadi media yang sangat efektif bagi perkembangan kejahatan bentuk baru yang disebut dengan cybercrime. Tentu, permasalahan ini harus dicarikan solusinya, sehingga internet dapat dimanfaatkan secara maximal bagi kehidupan umat manusia. Karena itulah, sistem hkum yang efektif telah menjadi tembok akhir bagi pencari keadilan untuk meminimumkan berbagai kejahatan di Internet. Namnun, sistem hukum tidak dapat efektif bekerja bila masyarakat yang dirugikan masih saja menutup diri dalam belenggu bahwa penegakkan hukum akan selalu menimbulkan kerugian yang jauh lebih besar lagi.

Kemajuan teknologi menyebabkan munculnya dampak negatif yang diakibatkan oleh kesalahan pemanfaatan dari perkembangan teknogi tersebut. Hal ini tidak dapat dihindari dengan menekan perkembangan teknologi yang terus meningkat setiap harinya. Internet merupakan jaringan komputer terbesar didunia yang membebaskan setiap orang untuk mengaksesnya. Oleh karena itu kejahatan komputer hanya merupakan kejahatan yang dapat dilakukan oleh setiap orang yang memiliki keahlian dibidang komputer dan keamanan jaringan.

Semua teknologi adalah pedang bermata dua, dia dapat digunakan untuk tujuan baik dan jahat. Contoh teknologi nuklir dapat memberikan sumber energi tetapi nuklir juga menghancurkan kota hirisima. Seperti halnya juga teknologi komputer, orang yang sudah memiliki keahlian dibidang komputer bisa membuat teknologi yang bermanfaat tetapi tidak jarang yang melakukan kejahatan.

Dilema yang dihadapi hukum tradisisonal dalam menghadapi fenomena-fenomena cyberspase ini merupakan alasan utama perlunya membentuk satu regulasi yang cukup akomodatif terhadap fenomena-fenomena baru yang muncul akibat pemanfaatan internet. Aturan hukum yang akan dibentuk itu harus diarahkan untuk memenuhi kebutuhsn (the legal needs) para pihak yang terlibat di dalam transaksi-transaksi lewat internet.

Perkembangan arus globalisasi yang diiringi dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) menyebabkan arus informasi yang dulunya sulit didapatkan kini dapat dengan mudah diperoleh sesuai dengan kebutuhan. Komputer merupakan suatu perangkat yang sangat dibutuhkan untuk proses penyajian pengolahan data, agar data yang diolah dapat memberikan suatu informasi yang diperlukan oleh pimpinan ataupun suatu perusahaan yang membutuhkan Perkembangan komputer dari hari-ke hari mengalami perubahan yang sangat pesat, kebutuhan akan informasi yang akurat, tepat dan terkini juga semakin dibutuhkan agar dapat tetap bertahan dalam menghadapi segala tantangan di era globalisasi dan persaingan bebas. Perkembangan teknologi dan ilmu informatika yang pesat mendorong masyarakat baik kelompok maupun perorangan, instansi baik pemerintah maupun swasta untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dan ilmu informatika tersebut. Keunggulan komputer dalam memproses data akan meningkatkan efektivitas, produktivitas, serta efisiensi suatu sistem informasi


Perkembangan Dunia Programer
Seorang programer tentu lebih mengutamakan dari sisi programingnya. Bagaimana kecepatan prosesnya, bagaimana keamanan scriptnya, bagaimana dapat berjalan dengan baik di berbagai platform, bagaimana mempermudah untuk mengembangkan script tsb nantinya, bagaimana agar mudah untuk dibuatkan design (template) nya, dlsb ? Hal-hal tersebut akan menjadi pertimbangan-pertimbangan seorang programer dalam bekerja.


Programer akan benar-benar diperlukan jika program yang dibuat bersifat uniq dan tidak ada atau belum ada opensourcenya. Atau jika sudah ada opensourcenya perlu meng-customize software tsb untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perkembangan Dunia Teknologi Informasi

0 komentar:

Poskan Komentar