Dari Sebuah Catatan Untuk Berbagi Dan Mencoba Dalam Mengetahui Suatu Arti Dan Makna Yang Di Cari Di Info Dan Pengertian Para Ahli

Model-Model Koneksi ke Internet Service Provider (ISP)

Model-Model Koneksi ke Internet Service Provider (ISP) 
Internet Service Provider (ISP) merupakan perusahaan penyedia layanan akses internet bagi pengguna, baik perorangan, rumah tangga, sekolah, maupun perkantoran. ISP di Indonesia cukup banyak, misalnya: Indosatnet, Indonet, Wasantara, dan Telkomnet. Tanpa terhubung ke ISP, kalian tidak dapat memperoleh layanan akses ke internet.

ISP akan memberikan layanan untuk menghubungkan kalian ke internet melalui perangkat keras berupa modem, firewall, dan router. Tidak semua ISP dapat langsung menghubungkan komputer kalian ke internet. Ada juga ISP yang tidak dapat menghubungkan langsung ke internet. Untuk ISP jenis ini, maka ISP tersebut harus memiliki koneksi ke Internet Network Provider (INP) yang merupakan perusahaan yang menyediakan layanan koneksi ke internet. Di Indonesia baru ada sebuah INP, yaitu Indosat.

Bila suatu saat kalian ingin membuat halaman web milik kalian sendiri, maka kalian dapat menghubungi Internet Content Provider (ICP). Perusahaan tersebut menyediakan layanan jasa pembuatan halaman web dan sekaligus memasangkan ke portal-portal yang aktif di intrenet. Beberapa ICP di Indonesia, antara lain Indonesian Interactive (I2), GudegNet, dan Dapur Web.

Untuk melakukan koneksi ke ISP, ada beberapa macam bentuk sesuai dengan model ISP-nya. Bentuk-bentuk koneksi tersebut sebagai berikut:

1. ISP sebagai perusahaan telekomunikasi. PT Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang bertindak sebagai ISP. Adapun bentuk koneksi yang ditawarkan adalah secara dial up atau leased line.

2. ISP sebagai perusahaan penyedia jasa koneksi ke internet semata. Pada umumnya, perusahaan ini akan menawarkan koneksi nirkabel dengan membangun menara-menara pemancar untuk menangkap frekuensi gelombang radio yang menjadi sarana lalu lintas data dan informasi.

3. ISP sebagai perusahaan penyedia layanan operator ponsel. Pada umumnya, perusahaan ini memberikan layanan sesuai dengan jenis teknologi ponsel yang dikembangkannya, misalnya GPRS.

4. ISP sebagai perusahaan penyedia layanan tv kabel. Pada umumnya, perusahaan ini memberikan layanan koneksi yang menjangkau lokasi dengan menggunakan kabel broadband. 

Pemilihan dan Cara Berlangganan ISP
Untuk melakukan koneksi ke internet dibutuhkan ISP. Padahal ISP yang ada sangatlah banyak dan beragam sehingga dapat membingungkan. Berikut ini beberapa hal yang perlu kalian perimbangkan dalam memilih ISP.

1. Harga. Hal ini merupakan salah satu bagian paling penting dalam pemilihan ISP. Namun, jangan sampai tertipu dengan harga yang murah, sebab bisa saja banyak fasilitas yang dihilangkan atau diberi batas waktu penggunaan. Pilihlah ISP yang memiliki kesesuaian antara harga dan fasilitas yang ditawarkan.

2. Dukungan teknis. Kalian perlu mempertimbangkan apakah ada dukungan dari teknisi ISP tersebut bila terdapat gangguan mendadak pada jaringan. ISP yang layak dipilih adalah ISP yang memiliki dukungan terhadap gangguan mendadak pada jaringan.

3. Kecepatan modem. Kalian perlu mencari informasi, apakah ISP tersebut mampu mendukung penggunaan modem standar dengan kecepatan 56 kbps. Kalian perlu memilih ISP yang mendukung penggunaan modem yang kalian miliki.

4. Akses jaringan. Usahakan jangan memilih ISP yang hanya menjual ulang jasa dari ISP lain, karena kecepatannya akan semakin berkurang.


Untuk berlangganan internet dari ISP terdekat dapat dilakukan dengan cara berikut.
1. Datang langsung ke ISP terdekat dan meminta formulir pendaftaran dan melengkapi registrasi untuk pengaktifan internet.
2. Mengambil dan melengkapi formulir registrasi dari web site ISP yang bersangkutan, contohnya Indosatnet (www.indosatM2.com).
3. Menyerahkan formulir yang sudah dilengkapi ke ISP yang bersangkutan.
4. Bila syarat-syarat yang ditentukan sudah terpenuhi, internet dapat segera diakses dari rumah kalian.


Koneksi dengan ISP
Setelah memahami peran ISP dan proses pendaftarannya, maka kini kalian akan bersiap untuk melakukan koneksi dengan salah satu ISP, yaitu Telkomnet Instant. Koneksi ke ISP Telkomnet Instant tidak memerlukan pengisian formulir seperti halnya koneksi ke ISP lainnya, karena tagihan akan ditujukan kepada pemilik jalur telepon tersebut. Namun, sebelum melakukan koneksi dengan ISP, kalian harus memastikan bahwa modem telah siap untuk digunakan.


1. Instalasi Modem
Sebelum menghubungkan diri ke jaringan internet, kalian perlu memastikan terlebih dahulu bahwa komputer kalian memiliki modem dan sudah terpasang dengan baik. Kemudian, kalian perlu melakukan instalasi modem ke dalam komputer, agar modem tersebut dikenali dan dapat dioperasikan.

Kalian dapat melakukan instalasi modem dengan dua cara. Pertama adalah menggunakan fasilitas “Add/Remove Hardware” yang ada di Control Panel sebagai berikut:

a. Aktifkan menu Add/remove Hardware yang ada di Control Panel.
b. Tekan tombol Next, sehingga komputer akan mulai mencari jika ada hardware baru. 
c. Kliklah tombol Finish untuk mengakhiri proses instalasi.

Apabila dengan cara yang pertama tersebut modem belum terdeteksi, maka kalian dapat menggunakan cara kedua untuk melakukan instalasi modem. Cara kedua ini dengan memanfaatkan fasilitas Phone and Modem Options yang juga terdapat pada Control Panel, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Bukalah Control Panel dan pilihlah Phone and Modem Options.
b. Tekan tombol Add.
c. Tekan tombol Next, sehingga komputer mencari modem yang terpasang. Pastikan modem dalam keadaan hidup dan driver sudah dipasang di CD ROM. Dengan demikian, komputer dapat mengenalinya dan langsung menginstal driver yang diperlukan (jika dibutuhkan).
d. Jika modem ditemukan, maka akan muncul peringatan atau pemberitahuan.
e. Begitu kalian mengklik Finish, maka daftar modem yang sudah berhasil diinstall akan ditampilkan. 

1. Tatacara Penyambungan ke Internet Lewat ISP
Untuk melakukan hubungan ke Internet, maka kalian harus memastikan terlebih dahulu pemasangan perangkat yang diperlukan, yaitu seperangkat komputer, modem, dan jalur telepon. Setelah itu, kalian dapat membuat koneksi ke ISP, dengan syarat kalian telah mendaftarkan diri. Bila kalian atau sekolah menyediakan jalur telepon dari PT Telkom, maka kalian dapat langsung malakukan koneksi ke ISP Telkomnet. ISP ini dapat diakses tanpa harus mengurus pendaftaran, karena fasilitas akses internet tersebut diberikan kepada setiap pelanggan PT Telkom.

Jika kalian menggunakan sistem operasi Windows, maka kalian dapat memanfaatkan fasilitas Windows Socket Program. Fasilitas ini telah disiapkan dalam bentuk aplikasi yang siap untuk dioperasikan. Untuk membangun koneksi ke ISP Telkomnet dengan menggunakan sistem operasi Windows dapat dilakukan melalui beberapa tahapan berikut:

a. Untuk membuat koneksi Telkomnet, bukalah Network Connections.
b. Setelah itu, pilihlah menu Create a new connection yang ada pada bagian kiri atas.
c. Tekanlah tombol Next.
d. Kliklah button Connect to the Internet, lalu tekanlah tombol Next.
e. Kliklah button ‘Setup my connection manually’, kemudian tekanlah tombol Next.
f. Kliklah button ‘Connect using a dial-up modem’, lalu tekanlah tombol Next.
g. Tulislah nama ISP yang akan dihubungi, misalnya “Telkomnet”, lalu tekanlah tombol Next.
h. Isikan nomor telepon ISP Telkomnet, yaitu 080989999, lalu tekanlah tombol Next.
i. Langkah berikutnya adalah mengisikan user name dan password-nya. Untuk Telkomnet, username-nya adalah telkomnet@instan, sedangkan password-nya adalah telkom. Selanjutnya, tekanlah tombol Next.
j. Tekanlah tombol Finish untuk mengakhiri pembangunan koneksi ke ISP.
k. Untuk melakukan koneksi ke Telkomnet, tekan tombol Dial, sehingga muncul tampilan yang menunjukan komputer sedang membangun koneksi ke Telkomnet.
l. Setelah koneksi berhasil, maka akan muncul pesan bahwa koneksi berhasil dilakukan.
m. Untuk melakukan pemutusan hubungan dari Telkomnet, klik kanan mouse pada koneksi jaringan, kemudian pilih menu Disconnect.

3. Koneksi internet lewat telepon selular
Selain melakukan pendaftaran ke ISP yang terdekat, koneksi internet dapat kalian lakukan dengan menggunakan telepon selular baik GSM maupun CDMA. Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan koneksi Internet melalui ponsel adalah bluetooth atau inframerah atau kabel data ponsel.

Untuk melakukan instalasi peralatan agar dapat terhubung ke internet dengan menggunakan kartu GSM Matrix, dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Pasang bluetooth pada USB port dan kalian lakukan instalasi driver bluetooth. 
Buka ‘Phone and Modem Option’ yang terdapat pada Control Panel, kemudian pilih bagian modem. Pilihlah bluetooth modem dan tekan tombol properties. 
Pilih menu Advanced dan masukakan ‘Extra Initialization Command’, yaitu AT+CGDCONT=1,”IP”,”[nama access point]”. Dalam hal ini access point merupakan nama access point yang digunakan oleh kartu GSM. Bila belum mengetahui nama access point yang digunakan, kalian dapat bertanya ke gallery GSM terdekat, misalnya untuk Matrix ke Satelindo. Misalkankartu GSM yang digunakan adalah Matrix, maka ‘Extra Initialization Command’ diisi dengan AT+CGDCONT=1,”IP”,”satelindogprs.com”. Setelah langkah tersebut, tekanlah tombol ‘OK’. 
Setelah melakukan inisialisasi pada modem bluetooth, lakukanlah koneksi ke bluetooth modem yang berada di ‘Network Connection’. Caranya dengan mengklik kanan mouse dan pilihmenu connect. 
Setelah memilih menu connect. 

Isikan nomor telepon ISP, sebagai contoh pada GSM Matrix masukkan nomor ‘*99***1#’ lalu tekan Dial. 
Setelah pembangunan koneksi berhasil, maka kalian akan melihat kotak dialog koneksi Bluetooth telah terkoneksi.

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+

    Related : Model-Model Koneksi ke Internet Service Provider (ISP)

    0 komentar:

    Poskan Komentar